Selasa, 15 Januari 2013

Bang Yos Khawatirkan Tabiat Sopir Kopaja Bila Masuk Busway

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta tak ada lama lagi akan menguji coba Kopaja masuk busway. Namun penggagas busway, mantan Gubernur DKI Sutiyoso, tak bisa membayangkan hal itu karena mengkhawatirkan tabiat sopir Kopaja.

"Saya tidak bisa membayangkan itu karena Kopaja angkot itu konstruksinya beda. Lalu tabiat mereka, ini tak bisa dipungkiri. Pada saat masuk jalur busway, bus (TransJ) lagi nurunin penumpang ngantre panjang, pasti dia keluar jalur nabrak separator, nyalip bus. Artinya bus jadi ngantre juga. Tepat waktu tadi akhirnya tidak terjawab karena terhalang kendaraan lain," kata Bang Yos, panggilan akrab Sutiyoso.

Hal itu dikatakan Bang Yos di sela-sela acara 'Refleksi dan Temu Kangen Bersama Para Peletak Dasar Transjakarta Busway di Jakarta' di Newseum Cafe Jalan Veteran I No 31, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2013).

Saat menggagas busway, Bang Yos meniru Kota Bogota, Kolombia, di mana ada 1 jalan yang benar-benar steril. Kalau semua jalur dilepas dan tak ada yang benar-benar steril, maka tak akan ada jalur yang lancar.

"Tapi silakan saja diuji coba. Feeder itu bukan ikut jalur busway, tapi begini, menurunkan penumpang lalu naik halte baru naik busway. Kalau begini bukan feeder, sama-sama jalannya," jelas Bang Yos.

Program integrasi ini bagian dari rencana panjang Jokowi untuk membenahi sistem transportasi di Jakarta. Kopaja ber-AC akan masuk di jalur busway guna melayani penumpang. Uji coba pertama rencananya akan dilakukan di jalur P20 (Lebak Bulus-Senen) pada pekan ketiga Januari 2013.

Dalam rangka program tersebut, Pemprov DKI terus membenahi Kopaja agar layak masuk busway. Kopaja yang masuk busway harus memiliki pintu tengah yang setara dengan ketinggian halte busway dan sistem karcisnya terintegrasi dengan bus TransJ.

Sumber : http://news.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Memberikan berita-berita terkini yang Aktual & Akurat !! Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger